KONSEP : Mobil Mitsubishi Px-MiEV 1



Mitsubishi menyatakan rencana mereka untuk meluncurkan mobil produksi massal dengan sistem plug-in hybrid pada 2013. Berbentuk SUV, ia akan berbasis mobil konsep Px-MiEV yang dipamerkan pada Tokyo Auto Show 2009 lalu.


Menurut Senior Executive Officer Mitsubishi, Yoshikazu Nakamura, menyatakan kalau mobil plug-in hybrid ini sudah memasuki tahap final dalam pengembangannya.

Mobil konsep Px-MiEV berpenggerak 4 roda ini dipasangi mesin 1.600 cc 4 silinder dan diperkuat dengan dua buah motor listrik, di roda depan dan belakang. Pada 2009 lalu, Px-MiEV ini mampu menunjukkan jarak tempuh kurang lebih 50 km pada mode bahan bakar listrik sebelum berubah kembali ke mode bahan bakar bensin.

Sementara Mitsubishi akan meluncurkan i-MiEV di tiga negara bagian Amerika . Sebanyak 43 dealer resmi Mitsubishi sudah disiapkan. Dan nama i-MiEV untuk pasar Amerika akan berubah menjadi i powered by MiEV.

Belum diperinci apa nama yang akan digunakan untuk SUV plug-in hybrid berbasis Px-MiEV ini nanti. Namun Nakamura mengisyaratkan akan mirip julukan MiEV (Mitsubishi innovative Electric Vehicle) seperti PV (Peevee).